LAYANAN AKADEMIK

Bantuan Tutorial yang Bersifat Akademik

Untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa, Program Studi kebidanan kediri memberikan pelayanan berupa bantuan Tutorial kepada mahasiswa. Bantuan ini diberikan kepada para mahasiswa yang mengalami hambatan dalam mengikuti/ menyelesaikan mata kuliah tertentu terutama berkaitan dengan kemampuan untuk menguasai satu jenis ketrampilan tertentu. Bantuan tutorial diberikan oleh dosen mata kuliah bersangkutan. Untuk setiap bantuan tutorial yang diterima dan kemajuannya dapat dilihat dari kartu bimbingan tutorial. 

Informasi dan Bimbingan Karir

Informasi dan bimbingan karir kepada mahasiswa diberikan dalam Bentuk layanan akademik berupa proses bimbingan dan nasihat akademik. Bagi mahasiswa yang telah terdaftar  di Program Studi kebidanan Kediri, selama masa studinya akan didampingi oleh seorang pembimbing akademik (PA).

PA mahasiswa adalah seorang dosen tetap pada Program Studi kebidanan Kediri. Nasihat akademik diberikan kepada mahasiswa oleh dosen PA-nya dari semester  awal hingga hingga lulus. Seorang Dosen PA dan mahasiswa yang dibimbing harus dapat menjalin interaksi dengan baik, menjaga komunikasinya dari waktu ke waktu sehingga nasihat akademik akan berlangsung secara efektif.

Dosen PA dapat memberikan masukan tentang materi perkuliahan serta arahan atas kemampuan diri mahasiswa berdasarkan capaian yang diperoleh setiap semester. Dosen PA juga dapat memberikan informasi mengenai peluang dan kesempatan karir bagi mahasiswa sesuai dengan potensi yang dimilikinya agar dapat berkembang dengan baik. Frekuensi pertemuan antara Dosen PA dengan mahasiswa bimbingannya minimal 3x/semester. 

Konseling Pribadi dan Sosial

Di prodi kebidanan kediri, Konseling pribadi dan sosial bagi mahasiswa bisa diperoleh di ruang  BK (Bimbingan dan Konseling). Sebagai konselornya, mahasiswa dapat menghubungi Dosen PA masing-masing. Dosen PA mempunyai peranan yang besar dalam memotivasi mahasiswa bimbingannya serta diharapkan sedapat mungkin mengetahui persoalan akademik maupun non-akademik yang dihadapi mahasiswanya dalam menempuh studi di Prodi Kebidanan kediri.

Peran dosen PA tidak hanya sebagai pembimbing akademis tapi juga sebagai konselor pribadi dan sosial. Dimana dosen PA membantu mahasiswa memberikan solusi mengenai masalah-masalah yang mereka hadapi baik masalah akademik, finansial, hubungan sosial, keluarga, lingkungan dan lain-lain.