KURIKULUM DIII PRODI KEBIDANAN KEDIRI

Kesesuaian dengan Visi, Misi, Sasaran, dan Tujuan

Kurikulum yang digunakan di Program Studi Kebidanan Kediri adalah Kurikulum Nasional tahun 2003 dan mulai memberlakukan kurikulum 2012. Kurikulum disusun dengan mengacu pada Visi dan Misi Program Studi Kebidanan Kediri, berpedoman pada sembilan kompetensi kebidanan. Dalam pelaksanaannya proses perkuliahan diarahkan untuk mengembangkan kemampuan kognitif, afektif, dan psiko motor.

Kurikulum Program Studi D-III Kebidanan Kediri memuat terdiri atas 116 SKS dengan rincian 38 SKS Teori, 58 SKS Praktikum dan Klinik. Mata Kuliah unggulan Program Studi Kebidanan adalah Pengembangan Kepribadian, yang diberikan kepada mahasiswa di semester II.

Relevansi dengan Tuntutan dan  Kebutuhan Stakeholders

Penyusunan Kurikulum Prodi D-III Kebidanan Kediri mempertimbangkan relevansinya dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini dan masa mendatang dengan mengikutsertakan alumni dan masyarakat pengguna (stakeholder) untuk menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Sruktur dan isi kurikulum (keluasan, kedalaman, koherensi, penataan/ organisasi)

Struktur dan isi Kurikulum Prodi Kebidanan Kediri terdiri atas:

Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)          :  11 SKS

Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)            :  23 SKS

Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)                        :  54 SKS

Mata Kuliah Prilaku Berkarya (MPB)                          :  17 SKS

Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)       :  11 SKS

TOTAL : 116 SKS

Derajat integrasi materi pembelajaran (intra dan antar disiplin ilmu).

Mata Kuliah di Prodi Kebidanan Kediri disusun secara terintegrasi berdasarkan Visi dan Misi  yang ada, dengan mengacu pada kompetensi kebidanan, serta mempertimbangkan kebutuhan masyarakat pengguna layanan. Integrasi mata kuliah dimulai dari MPK, MKK, MKB, MPB, MBB dan dilengkapi dengan muatan lokal.

Kurikulum lokal yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat terdekat dan kepentingan internal lembaga

Kurikulum lokal yang dikembangkan di Prodi Kebidanan Kediri, disesuaikan dengan tuntutan stakeholder. Kurikulum yang dipilih diarahkan pada  pengembangan kepribadian para peserta didik sebagai berikut:

  1. Teknologi informasi                                                              :   2 SKS
  2. Pengembangan Kepribadian                                                 :   2 SKS
  3. Praktik Klinik KDK                                                               :   2 SKS
  4. Farmakologi                                                                        :   2 SKS
  5. Bahasa Inggris                                                                    :   2 SKS
  6. Kependudukan                                                                    :   2 SKS
  7. Kewirausahaan                                                                    :   2 SKS
  8. Manajemen Penanggulangan Bencana                                  :   2 SKS
  9. Obstetri dan Ginekologi                                                        :   2 SKS
  10. Penyakit non Obstetri yang mempengaruhi sistem reproduksi :   2 SKS

TOTAL :  20 SKS

Mata kuliah yang merujuk pada harapan /kebutuhan mahasiswa secara individual/kelompok Mahasiswa tertentu

Dalam Progran Studi Kebidanan Kediri tidak terdapat mata kuliah pilihan. Namun untuk peminatan mahasiswa dalam salah satu bidang ilmu disalurkan melalui mata kuliah Karya Tulis Ilmiah. Mata kuliah ini didapatkan pada semester VI (enam) yang juga merupakan tugas akhir bagi setiap mahasiswa sebelum menyelesaikan studinya. Melalui tugas akhir ini mahasiswa dapat memilih topik penelitiannya sesuai dengan minatnya masing-masing. Para mahasiswa dapat memperdalam pengetahuaannya tentang kehamilan, persalinan, nifas, kesehatan anak, baik yang berada di Rumah sakit maupun yang berada di masyarakat.

Mengembangkan pribadi, memperoleh pengetahuan dan pemahaman materi khusus sesuai dengan bidang studinya, mengembangkan ketrampilan yang dapat dialihkan (transferable skills), terorientasiakan ke arah karir, dan pemerolehan pekerjaan.

Peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, telah diakomodir dalam kurikulum yang ada di Prodi Kebidanan Kediri. Hal tersebut dapat dilihat dari kurikulum yang diterapkan mulai semester I sampai dengan semester VI. Sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna layanan KIA, pada kurikulum Program Studi Kebidanan Kediri telah dimuat mata kuliah praktik Klinik. Pada mata kuliah ini mahasiswa diberikan kesempatan menerapkan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Kegiatan tersebut dilaksanakan  di Rumah Sakit, Puskesmas atau di Bidan Praktik Mandiri.

Disamping itu mahasiswa juga diwajibkan menyelesaikan  Tugas Akhir pada semester VI. Didalam menyelesaikan Tugas Akhir ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk menerapkan, memperdalam dan mengembangkan pengetahuan dan ketrampilannya sesuai dengan pilihannya sendiri.