PENJAMINAN MUTU PRODI KEBIDANAN KEDIRI

Tim Penjaminan Mutu  Prodi merupakan pelaksana di bawah koordinasi Sub Unit Penjaminan Jurusan Kebidanan.  Tim Penjaminan Mutu Prodi terdiri atas ketua dan anggota yang ditetapkan oleh Direktur atas usulan Kajur. Sistem penjaminan mutu di Prodi kebidanan Kediri sudah dilaksanakan guna meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan. Sistem penjaminan mutu dilaksanakan melalui kegiatan audit secara internal di lingkungan Prodi maupun eksternal oleh pihak yang telah bekerjasama dengan Prodi kebidanan Kediri. Secara umum Tim Penjaminan Mutu Prodi Kebidanan Kediri memiliki tugas pokok:

  1. Menyusun rencana kegiatan penjaminan mutu di Prodi Kebidanan Kediri
  2. Melaksanakan penjaminan mutu
  3. Melaksanakan monitoring pelaksanaan penjaminan mutu
  4. Melaksanakan audit mutu internal
  5. Mengembangkan sistem informasi penjaminan mutu
  6. Menyiapkan dan memfasilitasi pelaksanaan audit mutu eksternal / Akreditasi
  7. Menyusun laporan kegiatan Sub UPM

Pelaksanaan SPMI di tingkat Prodi Kebidanan Kediri dilakukan dengan strategi:

  1. Melibatkan seluruh civitas academica  secara aktif dalam perencanaan hingga evaluasi dan tahap pengembangan SPMI
  2. Mengikuti pelatihan, workshop bagi tim penjaminan mutu, dosen, staf administrasi tentang SPMI dan pelatihan auditor internal yang diselenggarakan Unit penjaminan Mutu Poltekkes Kemenkes Malang.
  3. Melakukan sosialisasi tentang fungsi dan tujuan SPMI kepada pemangku kepentingan secara periodik. 

Kegiatan Penjamu mencakup Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dokumentasi rekaman mutu  berupa Manual Mutu, Prosedur Mutu, Standar Operasional Prosedur (SOP), Instruksi Kerja (IK), dan formulir pendukung yang disusun berdasarkan ISO 9001:2008 dan IWA-2:2007. Temuan dari hasil audit ditindaklanjuti ke Jurusan dan Direktorat melalui RTM dan hasilnya disampaikan lagi ke Program Studi untuk dilaksanakan perbaikan.